Search

Selasa

Software Untuk Memonitor Komputer Lebih Dari Task Manager

Task Manager adalah salah satu tool pada windows yang sering kita gunakan untuk memonitor berbagai proses yang sedang berjalan di windows, menganalisa program-program yang sedang berjalan, mematikan secara paksa aplikasi tertentu dan lain.-lain. Task Manager belum memberikan informasi detail yang kita perlukan, bagi anda yang ingin mendapatkan fitur yang lebih detail dari Task Manager anda bias menggunakan
Proses Hacker.Process Hacker adalah aplikasi open source, gratis dan bebas kita gunakan. Software gratisan ini berfungsi seperti Task Manager, tetapi memiliki kelebihan yang tidak ditemukan di Task Manager.


Beberapa fitur utama Process Hacker
• Menampilkan aplikasi yang sedang berjalan dengan tampilan yang sederhana dan dapat di atur warnanya.
• Statistik dengan tampilan grafik yang lebih detail
• Process Termination yang lebih baik (mematikan aplikasi yang susah ditutup dengan Task Manager)
• View, Edit dan Mengontrol Services yang tidak ditampilkan di tampilan Services console.
• Berjalan hampir secara instan
• Mencari aplikasi tersembunyi yang berjalan
Software ini portable sehingga anda tidak perlu menginstal, tampilannya terdiri dari 3 menu utama, yaitu Process, Services dan Network:

1.MEMONITOR PROSESS

Process adalah program atau aplikasi yang sedang berjalan di windows, kadang tampilannya terlihat dan kadang tidak terlihat. Process Hacker mempunyai daftar process, dengan tampilan pohon (Tree view).Warna mempunyai arti tersendiri, pengaturannya bisa diatur melalui menu Hacker > Optionsdan pilih Highlighting. Dari daftar process, jika kita klik kanan akan tampil berbagai menu, mungkin sebagian belum kita ketahui fungsinya. Salah satunya adalah menu Properties, atau juga bisa di akses dengan menekan tombol Enter di daftar yang kita pilih.Dari tab General misalnya, kita bisa mengetahui sebenarnya aplikasi ini lokasinya dimana. Dengan mengetahui lokasi filenya maka lebih mudah mengecek apakah ini aplikasi yang aman atau tidak ( menganalisa kemungkinan virus). Selain itu, dari window Properties, kita juga bisa melihat detail proses/aplikasi yang dipilih, grafik penggunaan CPU, proses I/O (Input/output), dan berbagai informasi detail lainnya.

2.MEMONITOR SERVICE

Service merupakan aplikasi atau program yang biasanya senantiasa berjalan dengan windows. Masing-masing service mempunyai fungsi spesifik dan di design tidak memerlukan intervensi dari pengguna. Services ini berjalan di background dan bisa diatur apakah akan berjalan dengan windows, di non- aktifkan atau otomatis berjalan ketika diperlukan.
Service lain sangat banyak, biasanya merupa driver, mengatur jaringan, mengatur interaksi proses satu dengan yang lain, dan lainnya.
Dengan Process Hacker, kita bisa mengetahui service apa saja yang berjalan dan informasi detailnya pada komputer kita. Tekan saja Enter untuk melihat informasi detail ( atau klik kanan dan pilih properties). Dari bagian ini kita juga bisa menganalisa kemungkinan akan adanya aplikasi mencurigakan yang berjalan (virus, worm, trojan dan sejenisnya).

3.MEMONITOR NETWORK

Dari menu atau Tab Network kita bisa melihat daftar aplikasi yang terkoneksi ke Jaringan. Disini ditampilkan programnya, alamat IP lokal, tujuan, Port san lainnya. Jika kita melihat adanya aplikasi yang mencurigakan dan terhubung ke internet, maka bisa kita tutup ( klik kanan dan pilih Close).
Selain ketiga Menu diatas, ada berbagai menu lain yang bisa diakses melalui Menu Utama. Dari menu View misalnya, kita bisa membuka menu System Information untuk melihat aktivitas CPU, I/O dan RAM (Memory) secara real time dan dalam tampilan grafik. Dari Menu Tools, dan memilihHidden Processes kita bisa mencari apakah ada aplikasi tersembunyi yang berjalan. Aplikasi ini tidak akan tampil di daftar Process atau di Task Manager, dan bias jadi merupakan malware (Virus atau worm).

Kemudian melalui menu hacker > Options kita bisa mengatur berbagai opsi untuk Process hacker, seperti memberikan peringatan jika ada service baru yang berjalan, di aktifkan sebagai pengganti Task Manager, mengatur pewarnaan dan opsi lainnya.

Process Hacker dapat berjalan di Windows XP SP 2 atau diatasnya baik 32 bit atau 64 bit. Beberapa fungsi termasuk deteksi hidden process, full kontrol terhadap proses dan kemampuan proses protect/unprotect hanya tesedia untuk sistem 32 bit.<softfalz>
Detailnya Prosess Hacker
Download Process Hacker (1.26 MB)

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright softfalz 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all